Home > JavaFX > JavaFX

JavaFX


javafx logoJavafx adalah teknologi baru yang dikembangkan oleh Sun Microsystems inc. dan diperkenalkan ke publik pertama kali pada bulan mei 2007, yaitu pada acara tahunan javaone conference. Pertama kali diluncurkan javafx versi 1.0. JavaFX mempermudah pembuatan Rich Internet Application (RIA), yang dilengkapi dukungan Audio dan Video, Rich Text, Grafis Vektor, Animasi, serta Layanan Web. Platform Java tipe terbaru ini diperkenalkan Sun Microsystems Inc, yang menggabungkan bentuk dan fungsi dalam membangun Rich Internet Applications (RIA) dengan media dan konten lengkap untuk browser Web dan desktop.

Peluncuran ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengembang Web, pembuat konten dan disainer visual, sekaligus menandai inovasi besar platform Java, memperluas kemampuan yang mencakup aplikasi yang beraneka ragam untuk segala aspek kehidupan baik dari desktop dan browser hingga perangkat telepon seluler dan televisi. Disebutkan, platform JavaFX 1.0 Sun membuka pasar global yang luas bagi para pengembang dan pembuat konten yang ingin menyebarkan konten, layanan dan pengalaman lintas layar bagi pelanggannya.

Industri di dunia memperkirakan, teknologi Java telah dipergunakan oleh lebih dari 90 persen desktop dan laptop, 85 persen pada telepon seluler. “Pasar internet telah berkembang pesat setelah melewati browser Web tradisional dengan pemakaian smart phone berbasis Java, serta barang-barang elektronik lainnya, seperti Blackberry RIM hingga Amazon’s Kindle,” ujar Jonathan Schwartz, Chief Executive Officer dan presiden Sun Microsystems. Menurut Schwartz, platform JavaFX terbaru menggabungkan teknologi Java, untuk dipergunakan pada jutaan alat yang mudah digunakan.

javafx_architectureSelain itu, platform open source memungkinkan kualitas video dan audio yang tinggi, yang diperuntukkan bagi pelanggan dan pemilik konten di seluruh dunia dan melalui Internet. Di antara banyaknya inovasi JavaFX terdapat platform Java yang menggunakan fitur Drag-to-Install, yang memungkinkan para pengguna awam dapat dengan mudah melakukan drag-and-drop aplikasi JavaFX dari browser mereka ke dalam desktop. Pengguna kini akan dapat memindahkan applets yang berjalan di browser secara langsung ke desktop mereka sehingga dapat memberikan cara yang paling mudah bagi konsumen dalam menginstal aplikasi Internet dan konten.

Hingga artikel ini diposting, penulis menggunakan JavaFX 1.2.1 dan NeatBeans 6.8 yang sudah kompatibel dengan JavaFX.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: