Home > Android > Inilah Perbedaan Samsung Android dengan Sony Ericson Android

Inilah Perbedaan Samsung Android dengan Sony Ericson Android


Pada post kali ini, saya ingin berbagi dari hal yang pernah saya temukan saat membuat aplikasi android. Aplikasi yang saya develope di emulator tidak ada masalah dan berjalan baik. Saya kemudian mencoba menjalankan aplikasi tersebut di perangkat yang berbeda (kebetulan yang saya punya adalah merk Samsung dan Sony Ericson, bukan promosi yach…).

Aplikasi yang saya buat adalah aplikasi sms berbasis Android. Ketika dijalankan pada dua perangkat, aplikasi berjalan baik dan tidak terjadi error. Sms yang dikirim dan diterima juga terbaca dengan baik di aplikasi yang saya buat. Masalah terjadi ketika saya ingin mengirim pesan biner dari desimal 0 (nol) hingga 127 dalam standar GSM 03.38.

Percobaan 1.

Pesan desimal dari 0 (nol) hingga 128 dikirim dari Samsung ke Sony Ericson.

Pesan yang telah dikirim dapat dibaca dengan baik di Sony Ericson dan seluruh karakter dari nol hingga 127 dapat dikonversi ke desimal sesuai dengan aslinya. Dan pesan yang tersimpan pada sentbox di Samsung juga dapat dibaca sesuai dengan karakternya.

Percobaab 2.

Pesan dikirim dari Sony Ericson ke Samsung.

Pesan yang diterima oleh Samsung dapat dibaca dengan baik. Namun, terdapat satu karakter yang tidak sesuai dengan aslinya. Yaitu karakter CR (Carriage Return) yang memiliki desimal 13. Nilai 13 tersebut diganti menjadi nilai 10 (karakter enter: Line Feed)

Berdasarkan hasil percobaan tersebut, saya dapat menyimpulkan secara sederhana perbedaan antara Samsung dan Sony Ericson (pada sisi sms) adalah perubahan karakter CR (desimal 13). Pada Sony Ericson, karakter CR tidak diganti dengan karakter lain dan tetap menjadi karakter aslinya. Sedangkan pada Samsung karakter CR diganti dengan karakter LF (Line Feed), sehingga dapat mempangaruhi nilai dari sebuah pesan.

Gadget yang digunakan:
Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Y, SE Xperia Mini Pro, Sony Ericson Xperia  Mini dan Sony Ericson Xperia X10i.

Semoga bermanfaat…
#Ini hanyalah hasil percobaan yang saya lakukan, tidak terdapat maksud tertentu….

  1. 5 May 2014 at 11:56

    It is appropriate time to make a few plans for
    the long run and it is time to be happy. I’ve learn this submit and if I may I want
    to counsel you few attention-grabbing things or suggestions.
    Maybe you can write next articles referring to this article.
    I wish to read even more things approximately it!

    • 6 May 2014 at 11:34

      thanks, I hope I can write next articles…

  2. 26 May 2012 at 19:17

    mantep mantep….

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

